5 Hal Penting yang Harus Diketahui First Jobber

Sebagai seseorang yang baru memasuki dunia kerja, menjadi seorang first jobber membawa sejumlah tantangan dan kesempatan. Artikel ini akan membahas hal-hal penting yang perlu diketahui dan dipersiapkan bagi para pekerja pemula untuk memulai karir mereka dengan baik. Berikut hal-hal penting yang harus diketahui first jobber.

Membuat Rencana Anggaran

Penting bagi pekerja yang baru saja memulai karir untuk membuat rencana anggaran. Hal tersebut merupakan poin penting agar tidak menggunakan penghasilan tanpa adanya rencana terlebih dahulu. Teman infinID bisa memulai dengan membuat daftar kebutuhan utama apa saja yang harus dipenuhi dalam satu bulan agar terhindar dari pemborosan dalam menggunakan penghasilan.

Memiliki Lebih dari Satu Rekening

Memiliki lebih dari satu rekening sangat disarankan bagi first jobber guna memisahkan dana kebutuhan sehari-hari dan dana yang dialokasikan untuk tabungan dan investasi. Namun sangat tidak disarankan untuk memiliki terlalu banyak rekening, Teman infinID bisa memiliki dua saja dengan memilih produk tabungan dengan biaya administrasi bulanan yang minim atau bisa menggunakan bank digital tanpa biaya bulanan.

Memiliki Tabungan

Mengalokasikan sebagian penghasilan untuk tabungan adalah sebuah langkah yang baik bagi first jobber. Memiliki tabungan membuat Teman infinID merasa aman, karena memiliki dana yang diperlukan ketika dalam keadaan mendesak. Sehingga memiliki tabungan untuk dana darurat adalah hal yang perlu diperhatikan oleh first jobber.

Pengembangan diri bagi first jobber

Sebagai seorang first jobber atau pekerja yang baru memulai karirnya, penting untuk aktif dalam menambah dan mengasah keterampilan yang diperlukan seperti, mengikuti pelatihan atau course online yang tersedia. Pengembangan diri ini penting dalam menghadapi dunia kerja yang kompetitif dan terus berubah. Kemampuan untuk memperluas dan memperbarui keterampilan menjadi lebih penting dari sebelumnya.

Hindari pinjaman konsumtif

Sangat tidak disarankan dalam melakukan pinjaman untuk keperluan konsumtif bagi first jobber seperti membeli barang yang hanya diinginkan semata. Jika ingin melakukan pinjaman maka pilihlah pinjaman yang produktif, dalam arti pinjaman tersebut yang berguna dalam meningkatkan produktivitas dalam bekerja seperti membeli barang untuk menunjang pekerjaan.

5 hal tersebut sangat perlu diperhatikan bagi para first jobber, dengan adanya komitmen yang baik tentu akan membantu dalam mencapai pengelolaan keuangan yang baik.

Bagikan

Artikel Rekomendasi