5 Tips Atur Keuangan untuk Keluarga Muda

Pasangan muda pasti bermimpi untuk mempunyai keuangan sehat agar bisa mencapai impian-impian yang sudah lama direncanakan. Tentunya hal tersebut bukan tidak mungkin terjadi, namun perlu diingat ada hal-hal yang perlu dilakukan agar tujuan tersebut bisa diwujudkan. Simak 5 tips dari infinID, yuk.

Hitung Semua Pendapatan

Lihat dan hitung kembali pendapatan bersama. Teman infinID bisa menghitung kembali dan total dari pemasukan yang ada. Hal ini bertujuan agar Teman infinID tahu berapa nominal yang dimiliki setiap bulan dan bisa membagi porsi yang telah ditentukan untuk masing-masing kebutuhan.

Tentukan prioritas keuangan

Apa yang jadi prioritas Teman infinID? Membeli rumah baru? Kendaraan? Persiapan persalinan atau tabungan pendidikan anak? Buat daftar prioritas Teman infinID agar tahu apa yang ingin dicapai lebih dulu. Cara ini juga dapat membantumu untuk memisahkan jumlah tertentu dari pendapatan untuk dimasukkan ke setiap prioritas yang ada.

Buat Daftar Pengeluaran Bulanan

Setiap belanja bulanan, jangan lupa catat berapa total pengeluaran dan apa yang biasa dibeli setiap bulannya. Jika Teman infinID rajin mencatat pengeluaran dan apa saja yang harus dibeli setiap bulannya, Teman infinID bisa menjadikan nominal tersebut sebagai acuan pengeluaran tetap. Namun ingat, jangan boros dan membeli sesuatu yang tidak dibutuhkan atau hanya lapar mata saja, ya.

Persiapkan Tabungan, Investasi, dan Dana Darurat

Selalu ingat untuk membagi pendapatan untuk tabungan. Investasi dan dana darurat tentunya juga penting untuk keuangan yang lebih baik di depan nanti. Investasi bisa bertujuan untuk menjadi dana pensiun atau persiapan di masa depan. Sementara dana darurat berguna untuk menanggulangi hal-hal yang tiba-tiba terjadi. Maka itu, perlu dipersiapkan untuk menjaga keuangan agar tidak terganggu.

Kelola Utang dengan Bijak

Selain mempersiapkan hal di atas, penting bagi Teman infinID meninjau ulang utang yang dimiliki. Usahakan untuk segera melunasi utang yang ada dan jangan menambah jumlah utang jika bukan hal yang memang sangat diperlukan. Perlu diketahui, sebaik-baiknya keuangan adalah keuangan yang dimiliki tanpa adanya utang. 

5 hal tersebut memang terlihat mudah, namun tanpa adanya komitmen dan konsistensi yang baik, tentu akan sulit untuk mencapai pengelolaan uang yang baik. Selamat mencoba, ya!

Bagikan

Artikel Rekomendasi