Kesalahan yang Membuat Boros Saat Puasa

Bulan puasa memang menjadi ajang silaturahmi dan berbagi. Namun, perlu Teman infinID sadari bahwa hal tersebut bisa membuat keuangan saat bulan Ramadan tidak dikelola dengan baik. Cek kesalahan yang sering dilakukan banyak orang saat bulan puasa.

Konsumtif

Hal yang sulit dihindari pada saat bulan puasa adalah berbelanja. Mengingat adanya Tunjangan Hari Raya (THR) yang akan diberikan sering menjadi alasan untuk berbelanja karena banyak berbagai promo yang ditawarkan. Padahal, waktu berbelanja dan pemberian THR bisa jadi masih jauh. Pemikiran tersebut merupakan kesalahan yang paling banyak dilakukan dan menjadikan orang lebih konsumtif di bulan Ramadan.

Buka Bersama (Bukber) Terlalu Sering

Buka bersama menjadi waktu bersilaturahmi saat bulan Ramadan. Namun, jika Teman infinID tidak dapat memilah dan memilih mana yang diperlukan, tentu akan membuat pengeluaran bengkak dan tidak terkontrol. Maka dari itu, sebaiknya Teman infinID dapat memilih acara buka bersama yang memang penting.

Tidak Membuat Pos Keuangan

Penting untuk membuat pos-pos keuangan saat bulan puasa. Mana yang memang untuk biaya hidup sehari-hari, bersilaturahmi, sampai beramal. Jangan sampai karena perilaku konsumtif yang tiba-tiba terjadi membuat pos keuangan hidup sehari-hari atau beramal jadi hilang karena terlalu banyak acara buka bersama atau pun berburu promo.

Teman infinID perlu mengingat bahwa bisa saja ada keadaan darurat terjadi sehingga harus menggunakan tabungan yang sudah disimpan sejak lama. Ingat, selalu pisahkan dana darurat dan biaya hidup sehari-hari agar tidak mengganggu finansial Teman infinID, ya. Jika dibutuhkan, Teman infinID bisa mengajukan pinjaman ke infinID yang tentu aman dan tercatat di OJK. Ajukan kapan dan di mana saja, tak perlu antre sehingga tidak membuat lelah atau mengganggu waktu puasa.

Bagikan

Artikel Rekomendasi