Meminjamkan KTP Kepada Orang Lain untuk Pinjaman, Bolehkah?

Membantu orang terdekat memang tidak dilarang. Namun, saat ada yang meminjam KTP atau dokumen pribadi Teman infinID untuk kebutuhan pengajuan pinjaman, sebaiknya tolak permintaan tersebut. Apa saja alasan mengapa permintaan tersebut harus ditolak?

Kemungkinan Disalahgunakan

Teman infinID harus berhati-hati saat ada orang terdekat yang meminjam KTP karena sangat mungkin jika KTP-mu disalahgunakan. Tak hanya data-datamu bisa disadap untuk keperluan tertentu, KTP juga bisa dipakai untuk penyalahgunaan seperti pemalsuan data hingga kepentingan pribadi.

Dijadikan Syarat untuk Meminjam Dana

Ini adalah salah satu hal yang sangat membahayakan. Selain disalahgunakan, KTP Teman infinID bisa dijadikan sebagai dokumen untuk mengajukan pinjaman. Jika pinjaman disetujui, uang yang diberikan bukan masuk ke rekening Teman infinID, melainkan ke rekening milik peminjam dana. Saat dana turun, hal buruk lain adalah mendapat imbas harus membayar cicilan tersebut karena data saat pengajuan adalah milik Teman infinID. Sangat berbahaya, kan?

Riwayat Kredit yang Rusak

Jika hal di atas terjadi dan Teman infinID tidak dapat membayar cicilan-cicilan yang ada, hal yang dapat terjadi selanjutnya adalah riwayat kredit yang tidak baik. Saat riwayat kredit tidak baik, tentu akan menyulitkan Teman infinID pada saat ingin mengajukan pinjaman yang benar-benar penting seperti membeli rumah atau ingin meminjam modal usaha. Memulihkan riwayat kredit pun juga tidak mudah, jadi harus dijaga dengan sebaik-baiknya agar hal seperti itu tidak terjadi.

Menolong orang terdekat memang harus dilakukan. Namun, jika menyangkut sesuatu yang pribadi seperti dokumen rahasia, jangan pernah berikan kepada siapa pun karena bisa jadi Teman infinID yang menanggung semuanya. Jadi, berhati-hatilah dalam menjaga dokumen pribadi agar tidak terjadi hal-hal buruk di depan nanti.

Bagikan

Artikel Rekomendasi