Mengelola Pinjaman untuk Karyawan

Siapa pun termasuk karyawan tentu menginginkan pinjaman atau utangnya cepat selesai. Keinginan tersebut sangat memungkinkan untuk dilakukan dengan menerapkan 3 hal berikut. Apa saja, ya? Yuk, kita bahas.

Tahu Prioritas

Jika sedang ada pinjaman berjalan, ingatlah selalu untuk tidak tergoda membeli apa pun atau melakukan hal konsumtif. Ingat prioritas utama saat punya pinjaman adalah melunasi utang tersebut agar Teman infinID terbebas dari beban tersebut.

Pahami Rasio Utang dan Penghasilan

Sebaiknya jumlah utang tidak melebihi 30% dari total gaji yang diterima tiap bulan. Coba tinjau ulang nominal keseluruhan utang yang Teman infinID punya. Jika melebihi 30%, sebaiknya sebisa mungkin fokus untuk cepat melunasi utang yang ada agar keuangan tiap bulan tetap aman.

Hindari Menambah Utang

Mempunyai utang saat mampu membayarnya memang tidak salah. Namun, menambah utang saat pembayaran sudah dirasa berat, apalagi hampir atau sudah melebihi 30% total gaji, sebaiknya hindarilah untuk melakukan hal tersebut. Tidak hanya menambah beban, penundaan atau telat bayar utang dapat berdampak buruk pada riwayat pinjaman Teman infinID.

Semua pasti bisa mengelola pinjaman dengan baik selama berkomitmen dan konsisten untuk melakukan ketiga hal di atas. Semakin cepat utang dilunasi, semakin baik juga kesehatan keuangan Teman infinID, kan?

 

Bagikan

Artikel Rekomendasi