Mengenali Jenis Pinjaman: Cek Pilihan Tepat untuk Kebutuhanmu

Apakah Teman infinID pernah merasa bingung memilih jenis pinjaman yang tepat? Artikel ini akan membantu Teman InfinID dalam memahami berbagai pinjaman yang dapat dipertimbangkan sesuai kebutuhan. Mari kita bahas apa saja jenis-jenis pinjaman.

Jenis Pinjaman Berdasarkan Kegunaan 

Jenis layanan pinjaman berdasarkan kegunaan. Berikut jenis-jenis layanannya adalah:

1. Pinjaman Produktif

Pinjaman ini merupakan pembiayaan dana yang digunakan untuk membiayai kegiatan yang berpotensi menghasilkan pendapatan atau meningkatkan nilai aset. Contoh penggunaan pinjaman produktif, meliputi:
  • Modal usaha, yaitu merupakan sarana keuangan untuk memulai atau mengembangkan bisnis.
  • Investasi properti, yaitu pinjaman yang digunakan untuk membeli properti dengan tujuan untuk disewakan atau dijual kembali.
  • Pembelian alat produksi, yaitu pinjaman untuk membeli mesin atau peralatan yang dapat meningkatkan kapasitas produksi usaha.

2. Pinjaman Konsumtif

Pinjaman yang digunakan untuk kebutuhan pribadi dan tidak secara langsung menghasilkan pendapatan. Pinjaman jenis ini biasanya digunakan untuk keperluan yang sifatnya pribadi. Contoh penggunaan pinjaman konsumtif meliputi:
  • Kredit Tanpa Agunan (KTA), yaitu pinjaman yang bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan, seperti biaya pernikahan, pendidikan, atau liburan.
  • Kredit kendaraan bermotor, yaitu pinjaman sumber pendanaan yang dapat digunakan untuk membeli kendaraan seperti mobil atau motor baru.
  • Kartu kredit, yaitu fasilitas pinjaman yang memberikan fleksibilitas untuk belanja kebutuhan sehari-hari dengan kemudahan pembayaran secara angsuran setiap bulannya, memberikan kenyamanan dan kepraktisan dalam mengelola keuangan sehari-hari.

Jenis Pinjaman Berdasarkan Waktu

Berbagai jenis layanan pinjaman juga tersedia berdasarkan jangka waktu pengembalian. Jenis-jenis layanannya adalah:
  • Pinjaman jangka panjang, yaitu pinjaman dengan jangka waktu panjang dan pengembalian mulai dari 5 tahun bahkan ada yang sampai 15 tahun. Pinjaman ini umumnya nominal diatas Rp100 juta.
  • Pinjaman jangka menengah, yaitu pinjaman dengan jangka waktu menengah, jangka waktu pinjaman ini sekitar 2-3 tahun dengan nominal umumnya angka dibawah Rp100 juta.
  • Pinjaman jangka pendek, yaitu pinjaman dengan jangka waktu yang pendek, umumnya hanya sekitar 1 tahun.

Jenis Pinjaman Berdasarkan Jaminan

Terdapat 2 jenis pinjaman yang dikategorikan berdasarkan jaminan. Jenis-jenis pinjaman tersebut yaitu:
  • Pinjaman dengan jaminan, yaitu pinjaman yang mengharuskan peminjam untuk memberikan jaminan. Jaminan bertujuan untuk menghindari risiko kerugian atau terjadinya gagal membayar dan pelunasan.
  • Pinjaman tanpa jaminan, yaitu pinjaman yang tidak mewajibkan kepada peminjam untuk memberikan jaminan. Layanan ini hanya mengharuskan kamu untuk memberikan informasi dari identitas selengkap-lengkapnya.

Mana yang Tepat untuk Kamu?

Memilih jenis pinjaman yang tepat bergantung pada kebutuhan dan tujuan. Jika membutuhkan dana untuk kegiatan yang menghasilkan pendapatan, seperti membuka usaha, pinjaman produktif adalah pilihan yang tepat. Namun, jika membutuhkan dana untuk keperluan pribadi seperti renovasi rumah atau pendidikan anak, infinID hadir menawarkan pinjaman multiguna sebagai solusi yang tepat untuk memenuhi kebutuhan.

Bagikan

Artikel Rekomendasi