Rasio Keuangan: Definisi, Macam, dan Manfaat.

Memahami kondisi keuangan perusahaan adalah kunci untuk membuat keputusan yang tepat. Salah satu cara efektif untuk menganalisis kesehatan keuangan perusahaan adalah melalui rasio keuangan. Artikel ini akan membahas definisi, macam, dan manfaat rasio ini untuk bisnis.

Definisi Rasio Keuangan

Rasio ini merupakan salah satu metode analisis keuangan yang digunakan sebagai indikator untuk menilai perkembangan perusahaan. Maka dari itu, tujuan dari rasio ini adalah untuk memahami kondisi keuangan perusahaan dan mendukung pengambilan keputusan bisnis.

Macam-Macam Rasio Keuangan

Terdapat beberapa macam jenis rasio yang biasa digunakan dalam menganalisis kesehatan keuangan, diantaranya :

1. Rasio Likuiditas

Rasio ini biasa digunakan oleh perusahaan untuk menilai kemampuan perusahaan dalam memenuhi kewajiban jangka pendeknya, seperti pembayaran kewajiban finansial dalam waktu dekat. Ada tiga rasio utama dalam Rasio Likuiditas, yaitu Rasio Kas (cash ratio), Rasio Cepat (quick ratio), dan Rasio Lancar (current ratio).

2. Rasio Solvabilitas

Rasio ini biasa digunakan oleh perusahaan untuk mengukur tingkat pengelolaan sumber dana perusahaan. Beberapa yang termasuk dalam rasio ini diantaranya rasio utang terhadap ekuitas dan rasio hutang terhadap aset.

3. Rasio Profitabilitas

Rasio yang biasa digunakan oleh sebuah perusahaan untuk menilai kemampuan perusahaan dalam menghasilkan keuntungan meliputi beberapa indikator, seperti OPM (Operating Profit Margin), GPM (Gross Profit Margin), NPM (Net Profit Margin), ROE (Return on Equity), dan ROA (Return on Assets).

4. Rasio Aktivitas

Rasio ini mencerminkan berbagai aktivitas yang dilakukan oleh perusahaan, termasuk pembelian, penjualan dan lainnya. Terdapat dua jenis penilaian dalam rasio ini, yaitu Rasio Efisiensi atau Perputaran dan Rasio Nilai Pasar.

Manfaat Analisis Rasio Keuangan 

Selain menjadi sebuah alat ukur untuk melihat tingkat kesehatan keuangan sebuah perusahaan, terdapat manfaat lainnya yaitu:
  • Acuan investor untuk memilih perusahaan.
  • Bahan pertimbangan kreditur.
  • Penentuan nilai kewajaran keuntungan yang diperoleh perusahaan.
  • Penilaian seberapa efektif strategi perusahaan untuk berkembang.
  • Melihat tren kinerja perusahaan dalam satu periode.

 

Dalam bisnis yang kompetitif, memahami kondisi perusahaan sangat penting untuk membuat keputusan yang tepat. infinID hadir sebagai solusi untuk membantu Teman infinID memenuhi kebutuhan modal bisnis dengan menawarkan pinjaman multiguna.

Bagikan

Artikel Rekomendasi