Tips Rutin Menabung Saat Puasa

Walau pengeluaran di bulan puasa cenderung lebih banyak, Teman infinID tetap bisa rutin menabung dan tidak menjadikan hal tersebut menjadi halangan. Bagaimana cara agar dapat konsisten menabung di tengah kebutuhan yang lebih banyak dari biasanya, ya?

Sadar Akan Prioritas

Tentukan prioritas sedari awal puasa. Ketahui mana yang memang dibutuhkan atau hanya keinginan semata. Jika kamu bisa membedakan dengan baik, kamu akan lebih mudah untuk menabung saat bulan puasa.

Berkomitmen Pada Pos Keuangan

Membuat pos keuangan tidak hanya pada saat bulan Ramadan. Namun, sering kali pos yang sudah dibuat jadi terganggu karena seringnya tergoda untuk belanja atau terlalu banyak acara silaturahmi pada saat bulan puasa. Berkomitmen untuk tetap pada rencana bisa sangat membantu Teman infinID dalam menabung lebih rutin.

Batasi Pengeluaran untuk Bukber

Memang sangat menyenangkan bertemu dengan teman mau pun keluarga pada saat acara bukber atau buka bersama. Tidak salah jika Teman infinID mempunyai banyak acara bukber, namun perlu diingat kalau menentukan budget untuk masing-masing acara itu sangat penting agar pengeluaranmu tidak bengkak dan tidak mengganggu pos keuangan yang sudah ditentukan.

Manfaatkan Promo

Jangan salah, memanfaatkan promo memang harus dilakukan, tapi perlu diingat kalau Teman infinID tidak boleh impulsif dalam membeli sesuatu. Mungkin memang harganya jauh lebih murah, namun bijaklah dalam membedakan mana yang jadi prioritas dan keinginan. Jika Teman infinID sudah bisa memilah, tentu promo yang ada bisa jadi benar-benar bermanfaat, bukan malah membuat pengeluaran lebih banyak.

Catat Pengeluaran

Penting untuk mencatat pengeluaran mulai dari yang kecil hingga yang besar. Ini bermanfaat agar Teman infinID tahu sebanyak apa dan ke mana pengeluaran yang sudah dilakukan. Agar tidak lupa dan sulit untuk mencari tahu pengeluaran, lakukan pencatatan setiap hari bila diperlukan.

Itulah 5 cara agar bisa rutin menabung di bulan puasa. Mengelola uang dengan bijak dapat membawamu pada kemudahan di waktu mendatang karena pos keuangan sudah dibuat dan bisa digunakan sebagaimana semestinya. Namun, jika Teman infinID membutuhkan dana tambahan saat ada kondisi darurat, ajukan ke infinID kapan dan di mana pun, ya. Aman dan tercata di Otoritas Jasa Keuangan (OJK), infinID menawarkan limit mulai dari Rp100 juta dan bunga flat mulai 10%.

Bagikan

Artikel Rekomendasi